Agenda Acara

No events found
 
 

PERTEMUAN KUSTA MLEP

kusta 1

Penyakit Kusta disebut juga sebagai penyakit Lepra atau Penyakit Hansen dimana dalam catatan sejarah diketahui bahwa penyakit ini sudah dikenal masyarakat sejak 300 SM. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae. Bakteri tersebut pertama kali di temukan oleh G.A. Hansen pada tahun 1873. Bakteri ini mengalami proses pembelahan cukup lama antara 2 – 3minggu. Daya tahan hidup kuman kusta mencapai 9 hari di luar tubuh manusia.

 

Belum diketahui secara pasti bagaimana cara penularan kuman kusta. Namun secara teoritis diketahui bahwa seseorang terinfeksi kuman kusta karena pernah melakukan kontak langsung dalam jangkayang SANGAT LAMA dengan orang terkena kusta yang belum minum obat. Adapun cara masuk kuman kusta kepada orang lain di perkirakan melalui saluran pernafasan bagian atas.

Maka dari itu Dinas Kesehatan Kabupaten Serang melakukan kegiatan rutin untuk menanggulangi, mengobati dan mencegah penularan penyakit Kusta/Lepra/Hansen dengan memberikan pengarahan kepada setiap puskesmas di masing – masing daerah dalam cakupan wilayah kabupaten serang yang meliputi Analisa situasi, Alur pencatatan pasien baru, Check list pencatatan pasien ba di Mlep, Alur up dating data, Chek list pencatatan up dating data, Hasil kegiatan, Kendala- kendala dan Solusi tindak lanjut. Untuk mengatasi dan mempermudah pemantauan kegiatan di setiap puskesmas dinas kesehatan kabupaten serang menggunakan sebuah inofasi menggunakan SMS gateway dan Website diharapkan dapat membantu dalam memberikan solusi kepada setiap penderita maupun setiap warga yang membutuhkan informasi mengenai gejala dan penyakit Kusta.

Di upayakan dengan adanya SMS gateway dan Website, pemantauan serta penanggulangan untuk mengatasi penyakit kusta ini bisa secara cepat. Upaya tersebut tidak akan berjalan lancar jika tidak di sertai dengan kesadaran masyarakat yang menderita penyakit kusta untuk segera perikas dan berobat di puskesmas terdekat.
Untuk itu dinas kesehatan kabupaten serang melaksanakan Kegiatan Pertemuan Monitoring Dan Evaluasi Program Penyakit Kusta pada tanggal 21 Februari 2017 yang di hadiri oleh 31 Puskesmas

 

 

Di Susun Oleh :
M Yusup


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta