Agenda Acara

No events found
 
 

OPERASI TIMBANG TAHUN 2017

Oprasi Timbang 1Keadaan gizi yang baik merupakan prasyarat terciptanya sumberdaya manusia masa depan yang berkualitas. Anak yang mengalami masalah gizi pada usia dini akan mengalami gangguan tumbuh kembang dan meningkatkan kesakitan, penurunan produktivitas serta kematian.

Guna mencapai tujuan tersebut Kementrian Kesehatan telah menyusun Rencana Strategis melalui 5 sasaran fokus proritas yaitu penurunan AKI, penurunan AKB, penurunan prevalensi stunting, pengendalian PTM dan AID-TBC-Malaria (ATM) dengan menggerakan sumber daya yang ada termasuk dari sisi pengganggaran,

Berdasarkan UU RI No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah No. 38 tahun 2007 tentang Pembiayaan Urusan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Propinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menegaskan, informasi status gizi memegang peranan penting dalam menentukan perencanaan program di daerah.

Oprasi Timbang 2

Dalam rangka mencapai tujuan Rencana Strategi tersebut, Kementrian Kesehatan akan melaksanakan Program Perbaikan Gizi agar seluruh keluarga menjadi keluarga sadar gizi (KADARZI) yang merupakan salah satu komponen DESA SIAGA. KADARZI adalah keluarga yang mengenal masalah gizi dan mampu mengatasi masalah gizi setiap anggota keluarga.
 Pemantauan Status Gizi (PSG) sebagai salah satu komponen Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) telah dilakukan semenjak Pelita IV dengan tujuan memberikan informasi gambaran besaran masalah gizi kurang.

Pemantauan Status Gizi melalui operasi timbang harus dilakukan secara berkala. Pemantauan tersebut dapat menghasilkan informasi besaran masalah gizi dan trend status gizi penduduk dari waktu ke waktu serta informasi keluarga sadar gizi yang telah melaksanakan perilaku gizi baik.

Sosialisai PSG melalui oprasi timbang dilaksanakan pada tanggal 2-23 Februari 2017 di 22 puskesmas kabupaten serang. Hasil PSG ini dapat menjadi acuan dalam perencanaan program dan kebijakan perbaikan gizi di tingkat Kabupaten.

Di Susun Oleh :
Iva Inpresari


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta