Agenda Acara

No events found
 
 

KUNJUNGAN DOKTER SPESIALIS

dokter spesialisDerajat Kesehatan Masyarakat dipengaruhi AKI dan AKB. Kematian ibu di Indonesia masih memprihatinkan Hal ini di tandai dengan masih tingginya angka kematian ibu (AKI) yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI,2012), dan Angka Kematian Bayi yaitu 34 per 1000 kelahiran hidup (SDKI,2012). AKI dan AKB Indonesia masih tergolong tinggi dibandingkan dengan negara anggota ASEAN lain. Angka – angka tersebut menunjukkan bahwa penurunan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia masih jauh dari target MDG’s 2015 yaitu AKI 102/100.000 kelahiran hidup dan AKB 23/1000 kelahiran hidup. Untuk mencapai penurunan angka kematian ibu dan bayi tersebut diperlukan upaya-upaya yang efektif dan efisien serta konsisten dari seluruh pemangku kepentingan.

Kematian Ibu merupakan hasil dari interaksi berbagai aspek, baik aspek klinis, aspek sistem pelayanan kesehatan, maupun faktor-faktor non kesehatan yang mempengaruhi pemberian pelayanan klinis dan terselengggaranya system pelayanan secara optimal. Oleh karena itu strategi untuknya harus merupakan integrasi menyeluruh dari berbagai aspek tersebut.
Dalam rangka percepatan penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Serang, diperlukan upaya yang benar-benar efektif dan efisien serta berbasis bukti. Untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kepada ibu hamil, maka diadakan Kunjungan Dokter Spesialis ke beberapa Puskesmas di Kabupaten Serang.
Tujuan kegiatan kunjungan dokter spesialis ke beberapa puskesmas antara lain bertujuan untuk Menurunkan jumlah kematian dan kesakitan ibu dan bayi di Kabupaten Serang melalui Meningkatkan pengetahuan dalam penanganan kasus gawat darurat ibu dan bayi, Meningkatkan deteksi dini kegawatan ibu dan bayi, serta Meningkatkan pelayanan kegawatdaruratan ibu dan bayi.
Untuk itu Dinkes melalui Seksi Kesga melakukan upaya kunjungan dokter spesialis kebidanan dan kandungan ke sepuluh puskesmas di Kabupaten Serang yang di mulai pada tanggal 4 April 2017 s.d selesai. Puskesmas yang dikunjungi adalah Pontang, Ciruas, Cikande, Cikeusal, Tanara, Baros, Padarincang, Kramatwatu, Tunjungteja dan Petir. 


Disusun oleh
Ria Hardini


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta