Agenda Acara

No events found
 
 

Bimbingan Tehnik Penanganan Manajemen Asfiksia dan BBLR Bagi Bidan di Kabupaten Serang 2017

Pertemuan BBLR

Di Indonesia Angka Kematian Bayi masih tergolong masih tinggi, sekitar 56% kematian terjadi pada periode sangat dini yaitu di masa neonatal atau bayi baru lahir. Sebagian besar kematian neonatal terjadi pada usia 0-6 hari ( 78,5%) ,asfiksia dan prematur merupakan penyebab utama kematian neonatal. Menurut SDKI (2012) Angka Kematian Bayi yaitu 32 per 1000 kelahiran hidup. AKB Indonesia masih tergolong tinggi dibandingkan dengan Negara anggota ASEAN. Angka – angka tersebut menunjukkan bahwa penurunan angka bayi di Indonesia masih jauh dari target MDG’s 2015 yaitu AKB 23/1000 kelahiran hidup. Di Kabupaten Serang Tahun 2016 jumlah kematian Neonatal masih tinggi yaitu 190 jiwa, dan penyebab terbanyak adalah Asfiksia 48 % dan BBLR 33 %. Untuk mencapai penurunan angka bayi tersebut peran tenaga kesehatan sangat strategis.

Angka kejadian dan Angka kematian akibat komplikasi dan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), seperti Asfiksia, Infeksi, Hipotermia dan Hiperbilirubin masih tinggi, diharapkan tenaga kesehatan khususnya Bidan sebagai ujung tombak pelayanan yang paling mungkin menjumpai kasusu BBLR memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai sesuai dengan kompetensi dan fasilitas yang tersedia. Bidan yang kompeten dalam penanganan Asfiksia dan BBLR, diharapkan dapat menangani kasus BBLR dengan baik dan benar, serta dapat mencegah komplikasi dan dapat mencegah kematian bayi.
Salah satu upaya untuk percepatan penurunan kematian bayi adalah melalui fokus pada peningkatan akses pelayanan dan juga peningkatan kulitas pelayanan kesehatan neonatal, dimana penyedia pelayanan dilini terdepan adalah tenaga bidan yang pertama kali kontak dengan bayi baru lahir.
Pertemuan BBLR 2Berdasarkan hal tersebut diperlukan kegiatan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan neonatal, salah satu kegiatannya adalah Bimbingan Tehnik Penatalaksanaan Manajeman Asfiksia dan BBLR Bagi Bidan di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang.
Yang di laksanakan oleh bidang KIB pada tanggal 29-30 Maret 2017 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. Dengan bertujuan Menurunkan jumlah kematian dan kesakitan bayi di Kabupaten Serang, Meningkatnya Pengetahuan Bidan dalam mendeteksi Asfiksia dan BBLR, Meningkatnya Keterampilan Bidan dalam resusitasi neonatal, Meningkatnya Keterampilan Bidan dalam Perawatan Metode Kanguru (PMK), Meningkatnya Keterampilan Bidan dalam pengawasan pasca resusitasi dan persiapan pra rujukan, dan Meningkatnya Kemampuan Bidan dalam pengawasan pasca resusitasi.

Dibuat Oleh :
Imroni


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta