Agenda Acara

No events found
 
 

Bimbingan Tehnik Evaluasi Program KIB Kabupaten Serang

Program KIBPada tanggal 1 Februari 2017 seksi KIB Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengadakan kegiatan Bimbingan Tekhnis Evaluasi Program KIB Kabupaten Serang Mengingat Derajat Kesehatan Indonesia dipengaruhi AKI dan AKB. Kematian ibu di Indonesia masih memprihatinkan Hal ini di tandai dengan masih tingginya angka kematian ibu (AKI) yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI,2012), dan Angka Kematian Bayi yaitu 34 per 1000 kelahiran hidup (SDKI,2012). AKI dan AKB Indonesia masih tergolong tinggi dibandingkan dengan negara anggota ASEAN lain.Angka – angka tersebut menunjukkan bahwa penurunan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia masih jauh dari target MDG’s 2015 yaitu AKI 102/100.000 kelahiran hidup dan AKB 23/1000 kelahiran hidup. Untuk mencapai penurunan angka kematian ibu dan bayi tersebut diperlukan upaya-upaya yang efektif dan efisien serta konsisten dari seluruh pemangku kepentingan.
Kematian Ibu merupakan hasil dari interaksi berbagai aspek, baik aspek klinis, aspek sistem pelayanan kesehatan, maupun faktor-faktor non kesehatan yang mempengaruhi pemberian pelayanan klinis dan terselengggaranya system pelayanan secara optimal.Oleh karena itu strategi untuknya harus merupakan integrasi menyeluruh dari berbagai aspek tersebut.

Program KIB 2Dalam rangka percepatan penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Serang, diperlukan upaya yang benar-benar efektif dan efisien serta berbasis bukti. Untuk mengevaluasi apakah strategi dan kegiatan yang telah dilakukan selama ini sudah efektif dan efisien, maka perlu diadakan pertemuan yang bersifat koordinatif untuk Kepala Puskesmas dan pengelola program terkait KIB seKabupaten Serang untuk mengevaluasi kinerja program KIB selama ini dan apakah pelayanan KiB yang diberikan sudah sesuai standar dan terintegrasi dengan program Kesehatan Reproduksi sehinggatujuan penurunan kematian ibu dan bayi yang diharapkan dapat terwujud.
Dalam Kegiatan yang di lakukan seksi KIB ini bertujuan Menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu dan bayi di Kabupaten Serang, Meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan KIB & KB, Mengevaluasi pelaksanaan Program KIB tahun 2016, Mengidentifikasi permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan Program KIB dan mencari pemecahan masalah yang efektif dan efisien.
Disusun Oleh :
Iva Impresari


Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta