Agenda Acara

No events found
 
 

Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar (Yankesdas)

Tugas Pokok :

Memimpin, merencanakan, mengatur, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkanPenyelenggaraan urusan Pelayanan Kesehatan Dasar.

Fungsi :

1. Perencanaan penyelenggaraan urusan Pelayanan Kesehatan Dasar;
2. Pengaturan penyelenggaraan urusan Pelayanan Kesehatan Dasar;
3. Pelaksanaan penyelenggaraan urusan Pelayanan Kesehatan Dasar;
4. Pengawasan penyelenggaraan urusan Pelayanan Kesehatan Dasar; dan
5. Pelaksanaan tugas tambahan.

Uraian Tugas :

  1. Perencanaan meliputi :
    a. menyiapkan bahan perumusan Rencana Strategis (RENSTRA) di Seksinya;
    b. menyusun Rencana Kerja (RENJA) di Seksinya;
    c. menyiapkan bahan perumusan Perjanjian Kinerja (PK) di Seksinya;
    d. menyiapkan bahan perumusan Indikator Kinerja Utama (IKU) di Seksinya;
    e. menyiapkan bahan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Seksinya;
    f. menyiapkan bahan perumusan dan pelaporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di seksinya; dan
    g. menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) di Seksinya.
  2. Pengaturan meliputi :
    a. mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bawahannya;
    b. membina, membagi tugas, memberi petunjuk dan bimbingan kepada bawahannya;
    c. mengendalikan pelaksanaan tugas di seksinya.
  3. Pelaksanaan meliputi :
    a. membantu Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas urusan Pelayanan Kesehatan Dasar;
    b. mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dengan sub bagian-sub bagian dan seksi-seksi lingkup Dinas;
    c. melakukan pembinaan pelayanan kesehatan penunjang melalui peningkatan pelayanan di Laboratorium dasar;
    d. melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan dasar (P3K) dan bakti sosial pada momen-momen tertentu;
    e. melakukan pembinaan dan pengembanganmanajemen PUSKESMAS;
    f. Meningkatkan akses dan mutu pelayanan dasar melalui pembinaan akreditasi puskesmas dan fasilitas kesehatan timgkat pertama (FKTP) lain;
    g. melakukan pembinaan dan pengawasan serta pengendalian pelayanan kesehatan dasar umum dan kesehatan gigi dan mulut;
    h. menyusun rencana program dan pengendalian kegiatan pada seksinya;
    i. melakukan pengendalian anggaran pada setiap kegiatan di seksinya;
    j. melaksanakan sosialisasi sesuai lingkup tugasnya;
    k. melaksanakan konsultasi dengan atasannya dan instansi Pemerintah yang lebih tinggi;
    l. menyiapkan bahan evaluasi hasil Rencana Kerja di seksinya;
    m. menyiapkan bahan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) di seksinya;
    n. menyiapkan bahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) di seksinya;
    o. menyiapkan bahan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) di seksinya;
    p. menyiapkan bahan penyusunan Laporan Capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) di seksinya; dan
    q. memberikan masukan dan pertimbangan kepada atasan;
    r. ...................
    s. ................... dst
  4. Pengawasan meliputi :
    a. melakukan pengawasan dan pengendalian pada setiap tahapan pelaksanaan tugas dan fungsi di seksinya;
    b. memberi penghargaan pada bawahannya yang berprestasi;
    c. 3memberikan sanksi kepada bawahannya yang melakukan pelanggaran sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku;
    d. menilai dan menandatangani Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)bawahannya;
    e. mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran di seksinya; dan
    f. menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan kepada atasan.
  5. Melaksanakan tugas tambahan meliputi :
    a. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai bidangnya; dan
    b. melaksanakan tugas kedinasan lainnya dalam kapasitas sebagai tim dan atau Kepanitiaan Lintas Perangkat Daerah.

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta