Agenda Acara

No events found
 
 

PERTEMUAN PENGKAJIAN AMP PERINATALPertemuan Pengkajian AMP Perinatal Dinkes Kabupaten Serang Pada Tanggal 9 Agustus 2017 di aula yang telah di hadiri oleh 15 orang Tim Pengkaji AMP. Dalam pertemuan Pengkajian  AMP ini membahas tentang kasus kasus kematian pada bayi baru lahir sehingga dapat diketahui langkah apa yang harus dikerjakan kedepan agar kasus kematian serupa tidak terulang lagi. Angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kabupaten Serang secara signifikan mulai menurun. AKI dan AKB Kabupaten Serang pada tahun 2016 berada di bawah AKI dan AKB Nasional yang berada pada 359/100.000 kelahiran hidup, sementara di Kabupaten Serang hanya 170/100.000 kelahiran hidup

Dibanding Tahun 2015, tahun ini menurun, tahun 2016 ada 59 orang, kalau estimasi dengan angka kematian ibu, kita berada dibawah angka Nasional yang mencapai 359/100.000 kelahiran hidup, kalau kita estimasi kira-kira 170/100.000 kelahiran hidup jadi dibawah angka nasional,

PERTEMUAN PENGKAJIAN AMP PERINATAL 1banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kematian ibu, antara lain pendarahan, infeksi, eklamsi dan penyakit tidak menular.

Selama 2017 ini sudah 13 orang, itu karena penyakit tidak menular lima orang, hipertensi yang banyak, jantung, gagal ginjal dan penyakit tidak menular lainnya dan itu ada dibeberapa kecamatan, tapi tidak semua kecamatan, ada sekitar 12 kecamatan.

Salah satu program untuk mengurangi AKI dan AKB telah dibuat program Rumah Tunggu Kelahiran, disana ibu-ibu hamil akan dipantau sebelum melahirkan, tapi kedepan kita akan siapakan Rumah Tunggu itu untuk pemantauan ibu-ibu hamil sebelum dan sesudah melahirkan, kita akan kontrol, setelah aman boleh pulang.

Disamping itu melalui AMP dapat dikaji sebab dan faktor terkait dalam kesakitan dan kematian ibu dan perinatal yaitu 3 terlambat, sehingga menghasilkan rekomendasi/tindaklanjut dalam menentukan jenis intervensi dan pembinaan yang diperlukan. Pada pelaksanaan dilapangan, AMP sering terkendala karena sering dianggap ajang untuk mencari kesalahan dari pihak-pihak tertentu sehingga tenaga kesehatan di tingkat pelayanan dasar tidak melaporkan kasus kematian ibu dan bayi baru lahir. Pada pertemuan ini ditegaskan kembali oleh Kasi Kesga bahwa kegiatan penelusuran ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan KIA diselurun wilayah Kabupaten yang salah satunya dengan melaksanakan AMP bertujuan melaksanakan kajian kematian ibu dan menyusun rekomendasi dari hasil kajian kasus kematian sehingga kasus tersebut diharapkan tidak terulang lagi. Dengan berbagai permasalahan diatas, untuk menurunkan jumlah kematian ibu di Kabupaten Serang, maka perlu dilaksakan Pertemuan Pembelajaran Hasil Rekomendasi AMP.

Disusun Oleh :

Iva Inpresari


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta