Agenda Acara

No events found
 
 

Monitoring Standar Pelayanan Minimal (SPM) Puskesmas Kopo

Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah baik Provinsi/Kabupaten/Kota wajib menerapkan Standar Pelayanan Minimal bidang Kesehatan. Standar Pelayanan Minimal bidang Kesehatan yang selanjutnya disebut SPM Kesehatan merupakan ketentuan mengenai Jenis dan Mutu Pelayanan Dasar yang merupakan Urusan Pemerintahan Wajib yang berhak diperoleh setiap Warga Negara secara minimal.

Rabu 4 Maret 2020 tim monitoring Subbag PE & Infokes Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengunjungi Puskesmas Kopo untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan SPM bidang Kesehatan di Kecamatan Kopo yang merupakan wilayah kerja dari Puskesmas Kopo. Seperti yang tercantum dalam pasal 7 bahwa Menteri Kesehatan, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melakukan monitoring dan evaluasi serta pembinaan dan pengawasan secara berjenjang sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Monitoring SPM Puskesmas Kopo 1

Dalam kesempatan tersebut tim mengumpulkan petugas yang terkait secara langsung dengan pelaksanaan indikator kinerja SPM Kesehatan termasuk pimpinan puskesmas. Kegiatan diawali dengan penyampaian evaluasi pelaksanaan SPM di Kecamatan Kopo selama tahun 2019 oleh puskesmas dan diakhiri dengan pendalaman PMK Nomor 4 Tahun 2019 melalui diskusi aktif. Diharapkan dengan adanya pemahaman pada petugas pelaksana SPM di tingkat pelayanan dasar, maka akan lebih mempermudah petugas dalam pelaksanaan kegiatan terkait.

Jenis pelayanan dasar yang tercantum dalam PMK bersifat peningkatan/promotif dan pencegahan/preventif yang mencakup peningkatan kesehatan, perlindungan spesifik, diagnosis dini dan pengobatan tepat, pencegahan kecacatan serta rehabilitasi. Dan Pemerintah Daerah wajib memenuhi mutu pelayanan setiap jenis pelayanan dasar pada SPM, karena itu capaian kinerja Pemerintah Daerah harus 100%.

 


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta