Agenda Acara

No events found
 
 

Gerakan Sayang Ibu (Tabulin) Tabungan Ibu Bersalin Desa Tanjungsari Kecamatan Pabuaran

Tabulin adalah uang yang dikumpulkan oleh ibu hamil dan disimpan sendiri dirumah, di bank atau di bidan yang akan membantu persalinan. Selain berbentuk uang, perhiasan dan sebagainya yang ketika waktunya tiba dapat dijual dan hasilnya digunakan untuk biaya persalinan. di desa tanjungsari sendiri di koordinir oleh kader yang nantinya uang tersebut dapat di gunakan untuk biaya persalinan
Tabulin adalah salah satu program kesehatan yang dinilai sangat positif karena langsung menyentuh masyarakat. Tabungan yang bersifat sosial ini sangat membantu warga, terutama yang ekonominya lemah. Program ini sangat tepat dan efektif dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Warga tidak akan merasa terbebani dalam mendukung program tersebut karena penggalangan dana tabungan dilakukan melalui pola jimpitan (sejenis iuran sukarela).

tabulin 2

Tabungan ini sifatnya incidental, keberadaannya terutama pada saat mulai kehamilan dan berakhir ketika ibu sudah melahirkan. Tabungan ini akan sangat membantu, terutama bagi ibu hamil dan keluarganya pada saat menghadapi persalinan karena masalah biaya dapat diatasi. Secara psikologis, ibu akan merasa tenang menghadapi persalinan. Tabulin ini biasanya dikoordinasi oleh tokoh masyarakat atau petugas kesehatan yang akan menjamin akses ibu ke pelayanan kesehatan. Perlindungan pembiayaan kesehatan sendiri harusnya dimiliki setiap individu selama fase  kehidupannya.

 

Tujuan

Keberhasilan pemberdayaan perempuan di sector kesehatan juga terlihat pada indicator persalinan yang ditolong medis. Intervensi yang dilakukan adalah menggiatkan penyuluhan masyarakat, khususnya dipedesaan dan menyediakan lebih banyak lagi pusat “pelayanan kesehatan masyarakat” bersama tenaga medisnya. Pemberdayaan perempuan di sector kesehatan telah berhasil meningkatkan usia harapanhidup perempuan. Salah satu kegiatan ini adalah membuat tabungan ibu bersalin (tabulin).Adapun tujuan dari diadakannya tabulin ini adalah sebagai berikut :

  • Menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia
  • Meningkatkan derajat kesehatan masyrakat, terutama ibu hamil
  • Memotivasi masyarakat, terutama ibu hamil untuk menyisihkan sebagian uangnya di tabung sebagai persiapan persalinan.Melalui tabulin bumil diharapakan dapat menabung sehingga saat melahirkan, tidak mengalami kesulitan biaya persalinan karena sudah ada dana tabungan. Kegiatan ini adalah upaya yang sangat baik untuk menurunkan angka kematian ibu.

tabulin 1

Manfaat Tabulin

Ada pun manfaat dari tabulin antara lain :

  • Sebagai tabungan / simpanan itu yang digunakan untuk biaya persalinan atau sesudah persalinan.
  • Ibu dan keluarga tidak merasa terbebani terhadap biaya persalinan.

Tabulin atau tabungan ibu bersalin merupakan bagian dari program yang ada, dimana Ikatan Bidan Indonesia (IBI) selaku mitra Depkes dan BKKBN turut membina masyarakat untuk sosialisasi program ini. Selain itu utk biaya melahirkan, Tabulin juga bisa dipakai sebagai penunjang biaya pasca persalinan. Beragam penyuluhan yang menjadi program penting dalam siaga ini, karena dalam penyuluhan warga selalu diingatkan akan biaya kehamilan akan 3 TERLAMBAT, yaitu terlambat mengenali tanda bahaya , terlambat sampai RS dan terlambat mendapat pertolongan bidan / dokter. Juga bahaya 4 TERLALU yaitu : terlalu sering, terlalu muda, terlalu tua,terlalu banyak. Yang merupakan faktor resiko terjadinya komplikasi persalinan.

Sebelum ada desa siaga sudah dimulai dengan tabungan Ibu bersalin (Tabulin). Jadi kita menerangkan ke Ibu hamil dan keluarganya, meskipun kaya. Justru orang kaya tersebut memberikan contoh kepada orang-orang yang tidak mampu untuk menabung. Dan Ibu hamil di berikan buku yang dibawa setiap pemeriksaan


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta