Agenda Acara

No events found
 
 

Pemeriksaan Kesehatan Pada Lansia Di Lingkungan Dinas Kesehatan

Periksa kesehatan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan siapa saja, baik Anda yang sehat walafiat maupun orang yang punya keluhan-keluhan tertentu. Periksa kesehatan juga jadi semakin penting ketika sudah menginjak usia lanjut atau di atas 60 tahun. Karena proses penuaan, orang lanjut usia (lansia) lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk itu, perlu adanya pemeriksaaan kesehatan sebelum menginjak usia di atas 60 tahun.

Pemeriksaan dilaksanakan pada hari senin tanggal 29 juni tahun 2020 yang bertempat di Aula belakang Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, dimana peserta yang diperiksa yaitu para pegawai yang ada di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten serang yang mau menginjak pada usia lanjut yang berumur 45 tahun keatas.

Pemeriksaan Kesehatan Pada Lansia Di Lingkungan Dinas Kesehatan 1

 

Untuk menurunkan atau bahkan mencegah penyakit di usia tua, pemeriksaan kesehatan lansia adalah salah satu upaya yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa jenis pemeriksaan kesehatan untuk lansia yang dilakukan di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang diantaranya :

  • Tekanan darah, sebaiknya memeriksa tekanan darah setiap ada kesempatan, jangan menunggu sampai setahun. Saat ini bahkan sudah ada alat praktis yang bisa digunakan untuk tes tekanan darah secara mandiri dari rumah. Jika Anda mengidap diabetes, penyakit jantung, penyakit hati, atau penyakit lainnya, Anda wajib memeriksa tekanan darah secara rutin. 

  • Berat badan, yang turun atau naik secara drastis bisa menandakan kondisi medis tertentu. Berat badan bertambah bisa berarti retensi cairan (edema), penyakit ginjal, hati, atau jantung. Sementara itu, berat badan turun bisa berarti infeksi atau kanker.  

  • Tes darah, usahakan untuk melakukan cek darah lengkap setiap tahun. Mulai dari sel-sel darah, gula darah, kolesterol, kadar hormon, hingga kadar elektrolit, akan tetapi tes darah yang dilakukan dilingkungan dinas kesehatan cuma mencakup pemeriksaan kolestrol, gula darah, dan asam urat.

Pemeriksaan Kesehatan Pada Lansia Di Lingkungan Dinas Kesehatan 2

 

Menjaga kesehatan tetap harus dilakukan meski usia terus bertambah. Dengan melakukan cek kesehatan lansia, ada/tidaknya risiko penyakit tersebut dapat diketahui. Dengan demikian, tindakan antisipasi sejak dini pun dapat dilakukan sebagai upaya mencegah perburukan kondisi.


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta