Agenda Acara

No events found
 
 

Sosialisasi Puskesmas Santun Lansia (Lanjut Usia)

santun lansia 1

Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Bidang Kesehatan Masyarakat, Seksi Kesehatan Keluarga pada hari Senin tanggal 27 Nopember 2017 mengadakan kegiatan Sosialisasi Puskesmas Santun Lansia. Hal ini merupakan kebijakan Kemenkes yang didasari Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 138 yang menetapkan bahwa upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia ditujukan untuk menjaga agar para lanjut usia tetap sehat dan produktif secara sosial dan ekonomis sehingga pemerintah wajib menjamin ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kelompok lanjut usia agar tetap hidup mandiri dan produktif secara sosial dan ekonomis.

Puskesmas sebagai unit terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat maupun perorangan telah tersedia di semua kecamatan. Sehubungan dengan itu Puskesmas diharapan mampu melakukan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif tingkat dasar bagi lanjut usia. Pelayanan kesehatan lanjut usia di Puskesmas harus dilakukan secara profesional, berkualitas, paripurna, terpadu dan terintegrasi dengan memperhatikan aspek geriatri pada lanjut usia.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan lanjut usia di Puskesmas, maka semua Puskesmas diharapkan menjadi Puskesmas santun Lansia.

Puskesmas Santun Lansia adalah :

  1. Puskesmas yang memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas didukung oleh tenaga terlatih atau memahami pelayanan kesehatan lansia dan geriatri.
  2. Puskesmas yang memberikan prioritas pelayanan kepada lansia dan penyediaan sarana yang aman dan mudah diakses.
  3. Puskesmas yang melakukan pelayanan secara pro-aktif, dengan semua desa minimal mempunyai 1 Posbindu Lansia.
  4. Puskesmas melakukan koordinasi dengan lintas program dengan pendekatan siklus hidup.

Kegiatan ini dihadiri oleh 93 orang dari 31 Puskesmas yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Pengelola Program Lansia dan Pengelola Program Penyakit Tidak Menular.

 santun lansia 3  santun lansia 2

Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta