Agenda Acara

No events found
 
 

Orientasi Konseling Dan Tes Hiv (KTHIV) Bagi Petugas Kesehatan Di Kabupaten Serang Tahun 2019

HIV dan AIDS 3Kasus HIV/AIDS terus meningkat dari tahun ke tahun. Di Kabupaten Serang Kasus yang ditemui selama Tahun 2018 untuk HIV sebanyak 619 orang dan AIDS sebanyak 239 orang. Jika dilihat dari trend penularan menurut faktor risiko untuk kasus HIV – AIDS terbanyak terdapat pada kelompok heteroseksual, Napza suntik, penularan HIV ke anak, dan Homoseksual. Sedangkan jika dilihat dari jenis pekerjaan maka yang terbanyak berada pada kelompok karyawan, wiraswasta, ibu rumah tangga dan seterusnya HIV – AIDS juga berada di semua lini pekerjaan.

Selama ini banyak pemeriksaan HIV belum didahului dengan konseling, akibatnya apabila mereka kemudian mengetahui status dirinya HIV positif, besar kemungkinan akan mengalami guncangan emosional yang dapat berakibat hal-hal yang tidak diiginkan seperti tindak kekerasan terhadap diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu konseling testing sukarela yang benar dan berkelanjutan sangat dibutuhkan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Serang melalui Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mengadakan Orientasi Konseling dan Tes HIV (KTHIV) Bagi Petugas Kesehatan di Kabupaten Serang. Pelatihan ini diikuti oleh 32 Petugas Puskesmas dan Beberapa Masyarakat Umum. Dimana setiap Puskesmas mengutus anggotanya yaitu 1 orang Petugas.

Acara Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten serang yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten serang Bpk. Dedi Sofyan. Dalam acara pembukaan Konseling dan Tes HIV (KTHIV) Bagi Petugas Kesehatan, didampingi oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinkes Kabupaten serang .

Dalam pidato laporan ketua panitia Padri As selaku Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Serang menjelaskan bahwa ” Orientasi Konseling dan Tes HIV (KTHIV) Bagi Petugas Kesehatan di Kabupaten Serang ini diselenggarakan dalam rangka untuk mendukung Kebijakan Pemerintah dalam mengendalikan masalah epidemi HIV/AIDS di Kabupaten Serang.

 

Tujuan dilaksanankannya Orientasi Konseling ini adalah diharapkan untuk semua peserta mampu melakukan layanan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Bagi petugas kesehatan diharapkan mampu melakukan konseling pada populasi rentan terinfeksi HIV, sedangkan bagi petugas analis diharapkan mampu melakukan kegiatan pemeriksaan HIV/AIDS sesuai standar dan untuk petugas administrasi sendiri diharapkan mampu melakukan pencatatan dan pelaporan HIV/AIDS secara terpadu dengan menggunakan aplikasi SIHA (Sistem Informasi HIV AIDS).

Dalam sambutan Kepala Dinas Kesesehatan Kabupaten Serang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Serang menyebutkan bahwa ”Test HIV/AIDS adalah pintu masuk terpenting dalam layanan pencegahan penularan HIV/AIDS” Sebutnya.

Diakhir acara pembukaan orientasi konseling Testing Bagi Petugas Kesehatan di Aula Dinkes Kabupaten Serang Dedi Sofyan selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengharapkan dengan dilaksanakan Orientasi konseling testing ini peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya ditempat kerja masing-masing.

HIV dan AIDS 1

HIV dan AIDS 2

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Link Terkait

Twitter Kemenkes

loader

Peta