Agenda Acara

No events found
 
 

Monitoring dan Evaluasi UPT Puskesmas Waringinkurung

Senin 26 Agustus 2019 Tim Subbag PE dan Infokes Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mengunjungi UPT Puskesmas Waringinkurung dalam rangka monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung telah sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang berlaku serta upaya perbaikan atau rancangan tindak lanjut dalam pencapaian target kinerja.

WhatsApp Image 2019 08 30 at 13.16.17  WhatsApp Image 2019 08 30 at 13.16.18 

UPT Puskesmas Waringinkurung merupakan puskesmas non perawatan dan sudah terakreditasi, berjarak kurang lebih 14,4 Km dari Dinas Kesehatan dan Pusat Pemerintahan Kabupaten Serang. Dengan sasaran jumlah penduduk kurang lebih 44.395 ribu jiwa dan UPT puskesmas Kecamatan Waringinkurung termasuk kedalam puskesmas pedesaan.

 

Kegiatan monitoring ini berlangsung di aula UPT Puskesmas Waringinkurung, tim ditemui oleh Kasubbag TU, Petugas IT dan Petugas ASPAK. Dalam acara ini tim meminta petugas IT, ASPAK dan Kasubbag TU menjelaskan berbagai kendala harapan serta solusi dalam meningkatkan pelayanan puskesmas sehingga memberi rasa puas dan aman kepada masyarakat, sedangkan tim monev menjelaskan tentang menu baru yang terdapat pada aplikasi Simkes-Online dan meminta agar petugas pengelola program yang ada di puskesmas diberikan sosialisasi tentang menu tersebut dan mulai mengisinya.

Berdasarkan hasil pemantauan pemanfaatan aplikasi maupun pemeriksaan dokumen baik dokumen perencanaan maupun evaluasi diperoleh hasil bahwa puskesmas Waringinkurung dalam pemanfaatan aplikasi yang tersedia belum bisa maksimal dikarenakan masih ada beban ganda bagi petugas, sedangkan untuk dokumen sudah tersedia. Pada kesempatan tersebut tim juga meminta agar puskesmas membuat pelaporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) minimal setiap 3 bulan.

Kegiatan monitoring dan evaluasi Subbag PE dan Infokes pada UPT. Puskesmas Waringinkurung menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain: dalam pelaksanaan aplikasi Simkes-Online diupayakan sesuai standar operasional yang telah ditetapkan, update aplikasi ASPAK dilakukan minimal 2 kali setahun atau setiap ada perubahan dan berkoordinasi dengan petugas ASPAK di tingkat Dinas Kesehatan serta mensosialisasikan kembali PMK No.4 Tahun 2019 tentang SPM kepada penanggung jawab program terkait.

WhatsApp Image 2019 09 19 at 10.57.21

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta