Agenda Acara

No events found
 
 

Sosialisasi Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanimas

Rabu 14 Agustus 2019 bertempat di aula Desa Wanayasa Kecamatan Pontang Kabupaten Serang diadakan kegiatan Sosialisasi program Nasional penyediaan air minum dan Sanimas bersama Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Tirtayasa (Untirta). Adapun Narasumber yang hadir terdiri dari Puskesmas Pontang (Iin Supriyatna), PKSM Pontirta (Hujaini Syah) dan dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Serang (Dita Setyo Rini). Dalam sosialisasi tersebut masyakat berperan aktif menyampaikan usulan program Sanimas untuk kebutuhan air bersih kepada Dinas Perkim.

WhatsApp Image 2019 09 18 at 13.12.56  WhatsApp Image 2019 09 18 at 13.12.57 

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota. Air minum dan sanitasi adalah kebutuhan dasar manusia. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) mengamanatkan pada akhir periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2015-2019 layanan dasar air minum dan sanitasi dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita ini tentunya diperlukan partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

Prinsip pendekatan Program Pamsimas adalah:

  • Berbasis masyarakat; artinya Pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pengambil keputusan utama dan penanggung jawab kegiatan dan pengelolaan sarana air minum dan sanitasi;
  • Partisipatif; artinya seluruh komponen masyarakat menjadi pelaku utama dan terlibat secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan Pamsimas;
  • Keberlanjutan; artinya sarana yang terbangun dengan ditunjang perubahan perilaku dapat memberikan pelayanan dan manfaat terus menerus. Ini tentu saja dengan mempertimbangkan kelayakan teknis, pembiayaan, kelembagaan, kesetaraan sosial, dan pelestarian lingkungan.

Kasubbag TU Puskesmas Pontang Iin Supriyatna menjelaskan bahwa akses air bersih di Wilayah Kecamatan Pontang masih kurang karena salah satu sumber air bersih yang berasal dari sumur gali kualitasnya masih ada yang kurang memenuhi syarat kesehatan (tidak jernih, berbau dan bila digunakan terasa lengket), sedangkan untuk air PDAM belum mengakses ke seluruh Wilayah Kecamatan Pontang juga aliran airnya tidak stabil sehingga masih ada masyarakat yang memanfaatkan air sungai.

Diharapkan dengan adanya program PAMSIMAS Kecamatan Pontang mencapai universal access di bidang air minum dan sanitasi yang artinya 100% masyarakat mendapatkan layanan air minum dan sanitasi yang layak.

WhatsApp Image 2019 09 18 at 13.12.55

 

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta