Agenda Acara

No events found
 
 

Puskesmas Keliling Pasca Banjir di Kp. Pegadungan UPT Puskesmas Tanara

pos

Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Dengan kata lain Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Wilayah kerja puskesmas meliputi satu kecamatan atau sebagian dari kecamatan.

Puskesmas keliling adalah kegiatan puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif. Puskesmas Keliling merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas. Tujuan dari Puskesmas Keliling adalah untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah terpencil/sangat terpencil dan terisolasi baik di darat maupun di pulau-pulau kecil serta untuk menyediakan sarana transportasi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.

Kegiataan Puskesmas keliling ini dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Tanara pada hari Senin tanggal 20 Januari 2020 yang bertempat di Kp. Pegadungan 03/01 Ds. Tenjo Ayu yang sbelumnya lokasi tersebut merupakan tempat terkena banjir yang disebabkan oleh luapan air dari selokan/parit yang tidak lancar dan kurang dalam. Kegiatan ini dilaksanakan oleh beberapa orang tenaga medis yang berasal dari puskesmas tanara, diantaranya : Jasa pelayanan kesehatan umum, tenaga promkes, dan tenaga dari kesehatan lingkungan, Adapun yang menjadi sasaran dari kegiatan ini yaitu masyarakat umum yang berada di kampung pegadungan yang terkena banjir.

Kegiatan yang dilakukan petugas kesehatan antara lain : pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pelayanan obat, penyuluhan kesehatan, inspeksi sanitasi lingkungan, selain itu hasil dari kegiatan puskesmas keliling ini antara lain :

  1. Meningkatnya Standar Pelayanan Obat, Alkes, BHP
  2. Meningkatnya kegiatan pelayanan kesehatan perorangan
  3. Meningkatnya monitoring pelayanan pasien
  4. Meningkatnya akses pelayanan kesehatan ke masyarakat

pospos 1


Plt Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

virus covid19

 

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta