Agenda Acara

No events found
 
 

Pendampingan Inspeksi Sanitasi dan Pengambilan Sample Air Minum Depot Air Minum Isi Ulang di Kampung Toyomerto Desa Wanayasa Kecamatan Kramatwatu

Depot air minum adalah usaha industri yang melakukan proses pengolahan air baku menjadi air minum dan menjual langsung kepada konsumen. Proses pengolahan air pada depot air minum pada prinsipnya adalah filtrasi (penyaringan) dan desinfeksi. Proses filtrasi dimaksudkan selain untuk memisahkan kontaminan tersuspensi juga memisahkan campuran yang berbentuk koloid termasuk mikroorganisme dari dalam air, sedangkan desinfeksi dimaksudkan untuk membunuh mikroorganisme yang tidak tersaring pada proses sebelumnya (Athena, 2004).

Shanum Water adalah Depot Air Minum Isi Ulang yang baru beroperasi pada tanggal 19 September 2020 dan berlokasi di Kampung Toyomerto II Rt. 05 Rw. 11 Desa Wanayasa Kecamatan Kramatwatu. Pemilik DAMIU adalah ibu Herma Febriyanti, seorang ibu rumah tangga yang ingin memiliki usaha sendiri untuk mengisi waktu luangnya dan untuk membantu warga sekitar agar dapat mengkonsumsi air minum yang bersih dan layak.

Pada tanggal 23 September 2020 Petugas Sanitarian Puskesmas Kramatwatu yang didampingi oleh Fasilitator STBM Kab. Serang melaksanakan Inspeksi Sanitasi DAMIU dan pengambilan sample air DAMIU untuk dikirim ke Labkesda Kab. Serang, agar dapat diperiksa airnya secara kimia dan bakteriologi. Petugas pun memberikan penyuluhan kepada pengelola DAMIU agar menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah kontak pelanggan. Pengelola DAMIU diharapkan segera mengurus pembuatan sertifikat laik sehat ke DPMPTSP Kab. Serang, dan Sample Air DAMIU harus diperiksakan secara rutin ke Labkesda Kab. Serang.

3d260409 6284 42fc b7d9 653580d06425


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta