Agenda Acara

No events found
 
 

Kibin, salah satu kecamatan di Kabupaten Serang yang terdiri dari 9 desa, yaitu Nambo Ilir, Sukamaju, Nagara, Barengkok, Tambak, Ciagel, Ketos, Cijeruk dan Kibin. Akses sanitasi Kecamatan Kibin saat ini adalah 76,78% dimana baru ada satu desa yang telah mendeklarasikan diri sebagai Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (Desa SBS), yakni Desa Nambo Ilir.

Pada tahun 2018 Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Serang telah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Verifikasi Desa SBS di Desa Tambak. Hal ini dilaksanakan untuk melihat apakah masih ditemui warga yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Desa Tambak, agar dapat dilakukan deklarasi Desa SBS. Tetapi saat itu masih ditemui 5 orang warga yang tidak memiliki septitanc dan saluran pembuangan limbahnya mengalir ke sungai, sehingga deklarasi belum dapat dilakukan.

Kemudian pada tahun ini kelima warga tersebut telah memiliki septitanc dan warga disekitarnya pun sudah tidak ada yang buang air besar sembarangan lagi. Informasi ini didapatkan dari Bidan Desa dan Kader yang selalu memantau daerah tersebut. Oleh karena itu, pada tanggal 16 September 2020 Sanitarian Puskesmas Kibin dan Fasilitator STBM Kabupaten Serang berinisiatif untuk bertemu dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa Kibin untuk mengadvokasi agar Desa Tambak dapat mengajukan diri sebagai Desa SBS.

Setelah dilakukan advokasi, Kepala Desa berkomitmen untuk melakukan pendataan yang akan dilakukan oleh perangkat desa kepada warganya untuk memastikan bahwa sudah tidak ada warganya yang BABS. Apabila diketahui sudah tidak ada warganya yang BABS maka Kepala Desa akan mengajukan Surat Keterangan kepada Puskesmas Kibin yang menjelaskan bahwa Desa Tambak sudah terbebas dari BABS. Setelah itu Tim Verifikasi dari Puskesmas Kibin akan melaksanakan verifikasi Desa SBS untuk memastikan bahwa sudah tidak ada yang BABS di Desa Tambak. Selanjutnya Tim Verifikasi Desa SBS dari Puskesmas Kibin akan mengajukan pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi oleh Tim Monev Verifikasi Desa SBS Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. Apabila setelah dilakukan monev ternyata benar Desa Tambak sudah terbebas dari BABS maka Kepala Desa dan Perangkat Desa dapat melaksanakan Deklarasi Desa SBS untuk Desa Tambak.

3d260409 6284 42fc b7d9 653580d06425


Kepala Dinkes Kab.Serang

        FOTO SEKDIS

Link Terkait

 
 
loader

Peta