Agenda Acara

No events found
 
 

Jejaring External 1

Penyakit HIV/AIDS merupakan suatu penyakit yang terus berkembang dan menjadi masalah global yang melanda dunia. Masalah HIV dan AIDS merupakan masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan perhatian yang sangat serius. Ini terlihat dari jumlah kasus AIDS yang dilaporkan setiap tahunnya meningkat secara signifikan. Indonesia merupakan salah satu negara di Asia dengan epidemik HIV dan AIDS yang berkembang paling cepat. Selain itu Penyakit HIV dan AIDS merupakan penyakit menular yang sangat komplek dari segi ekonomi sosial, HIV/AIDS dapat menyerang setiap orang tanpa membedakan usia, ras, latar belakang kebudayaan ataupun agama.

Kegiatan jejaring eksternal ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019 yang bertempat di aula belakang Dinas Kesehatan Kab. Serang, Kegiatan diawali pembukaan oleh kepala seksi P2PM pak Padri AS dan Kabid P2P dr Hj Riris Budiarni, kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang diantaranya : perwakilan dari puskesmas, rumah sakit, beberapa waria, dan lembaga swadaya masyarakat OPSI (Organisasi Perubahan Sosial Indonesia). 

Untuk kasus HIV dan AIDS kabupaten Serang tahun 2018 dari 21 kecamatan ditemukan 87 Kasus HIV dan AIDS yang terbagi menjadi 70 kasus HIV dan 17 kasus AIDS, dari 17 orang yang terkena kasus AIDS 6 orang diantaranya meninggal dunia. Sedangkan untuk kasus HIV dan AIDS kabupaten Serang sampe bulan Juli 2019 ada 48 kasus HIV dan AIDS yang terbagi menjadi 40 kasus HIV dan 8 kasus AIDS, dari 8 kasus AIDS 5 orang diantaranya meninggal dunia. Dari data tersebut masih ada kemungkinan kasus HIV dan AIDS yang ada di kabupaten Serang yang belum ditemukan, Oleh karena itu perlu penguatan antara jejaring eksternal dengan dinas kesehatan agar kasus HIV dan AIDS yang ada di kabupaten serang lebih terungkap dan dapat ditanggulangi ataupun dicegah.
Dalam kegiatan ini ada perwakilan LSM OPSI yang diwakili oleh ketua OPSI sendiri yaitu mami Reza, beliau merupakan salah satu jejaring eksternal yang dapat membantu dalam pengungkapan kasus HIV/AIDS ini. Mami Reza biasa mendatangi hotspot atau tempat-tempat hiburan malam seperti tempat karaoke, tempat nongkrong anak muda, dan hiburan malam lainnya yang terdapat didalamnya terdapat kelompok orang dengan resiko tinggi terkena HIV/AIDS seperti : waria, laki sex laki, IDUS, dan WPS untuk selanjutnya mendata dan mengajak kelompok tersebut melakukan pemeriksaan HIV/AIDS ke tempat pelayanan kesehatan untuk selanjutnya diperiksa oleh petugas medis.
HIV adalah virus yang menakutkan. Namun, tetap ada cara pencegahan agar tidak tertular penyakit akibat virus ini, berikut ini upaya-upaya yang dapat dilakukan agar tidak terkena/tertular penyakit HIV/AIDS ini diantaranya :
• Hindari hubungan seks bebas/berganti-ganti pasangan
• Penguatan jejaring eksternal dan internal
• Penyuluhan mengenai bahaya penyakit HIV/AIDS pada anak sekolah
• Lakukan tes sebelum menikah
• Gunakan kondom bila berhubungan seks
• Hindari penggunaan jarum suntik atau jarum tindik secara bergantian

Jejaring External 2

Jejaring External 3

Jejaring External 4

Kepala & Sekretaris Dinkes Kab.Serang

kepala&sekretaris

Hasil gambar untuk hkn 2019

Hasil gambar untuk hkn 2019

 

Link Terkait

 
 
loader

Peta